Sabtu, 11 April 2020

LATAR BELAKANG TALITA DONAT BERDIRI


PROFIL USAHA
Nama Usaha          : MARTHA VINOLYA
Jenis Usaha            : KULINER
Alamat Usaha        : Jl. Kapten Pier Tendean Rt 03/05 Kel.Wonokarto-Wonogiri
No. Telepon           : 081904743074/083812942834
E-Mail                   : talitadonat27@gmail.com

Nama produk adalah nama yang diberikan kepada suatu barang dagangan yang fungsinya untuk mengetahui nama panganan tersebut dan barang dapat di ingat lewat nama yang diberikan tersebut .Talita Donat adalah jenis home industry yang berdiri atas ide dari Martha Vinolya selaku pemilik usaha ini. Adapun nama produk Talita Donat ini berasal dari, “Talita (Nama putri pertama dari pasangan Bp.Dede Hendrika-Martha Vinolnya) Diharapkan konsumen dapat mengungat apa yang mereka makan dan brand ini diharapkan sebagai keeberuntungan bagi saya.
Kami memilih usaha ini karena proses-prosesnya cukup mudah untuk pemula bagi kami yang baru mendirikan usaha baru. Selain itu usaha donat ini banyak pengusaha lain yang meminati usaha ini sehingga para pengusaha lainya berlomba-lomba mempromosikan donat dengan harga paling murah tetapi kualitas produk itu kurang terjamin dari segi apapun dengan untung yang didapat masih relative kecil.
Saya berbeda dengan menawarkan produk yang terjamin dari banyak segi baik kesehatan,kualitas,kuantitas dan brand produk tersebut dengan membuat rasa khas dengan bentuk donat berbeda. Maka saya telah menyiapkan semua rencana usaha dengan sedetail detailnya agar usaha ini semakin maju dan berkembang.

VISI :
Mampu Bersaing Di Dunia Bisnis Dan Menciptakan Lapangan Pekerjaan Serta Menjadi Wirausahawan Sukses.  
MISI
A.    Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen
B.     Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini
C.     Mengembangkan makanan dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat menengah keatas
D.    Kreatif dan Inovatif dalam membuat rasa atau model bentuk donat yang baru
E.     Teliti dalam berusaha,menciptakan daya tarik baru makanan berkelas,dengan menjamin mutu,kualitas dan kuantitas produk.

  1. Aspek Manajemen Usaha
Manajemen Pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai semua tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Fungsi manajemen pemasaran untuk menganalisis pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga diperoleh keuntungan untuk mendapat peluang usaha.

  1. Sasaran Usaha
Sasaran utama (pelanggan) dari bisnis ini adalah semua masyarakat. Sebab jika usaha ini dikenali masyarakat dan disenangi maka keuntungan yang didapat sangat banyak dan dapat mensejahterakan wirausaha serta membuat lowongan pekerjaan bagi pengangguran.  

  1. Manajemen
Usaha ini keluarga kami yang mengelola dan kami mengajak kerjasama para tetangga serta saudara yang dapat diandalkan dalam bisnis ini.  

  1.  Bahan Baku Produksi
Usaha yang saya jalankan ini berupa pembuatan distribusi dan penjualan “DONAT”.
Dalam proses produksi ini membutuhkan bahan, antara lain :
                                                            1.      Tepung Terigu
                                                            2.      Telur
                                                            3.      Mentega
                                                            4.      Gula Pasir
                                                            5.      Ragi
                                                            6.      Garam
                                                            7.      Air Mineral
Sehingga perlu dilakukan proses pengolahan lebih lanjut untuk menjadi “DONAT” siap jual dan telah dikemas secara rapi dan siap disajikan

  1. Peralatan
Peralatan adaalah alat yang digunakan untuk memproduksi produk yang saya produksi. Berikut adalah beberapa peralatan yang saya butuhkan dalam memproduksi donat
1.      Kompor Gas
2.      Mixer
3.      Cetakan donat beraneka bentuk
4.      Kardus donat  dan plstik bening
5.      Label
6.      Nampan atau Loyang

F. Promosi
Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan penitipan di warung – warung, dan iklan,saya menggunakan beberapa cara promosi yaitu ;
a.       face to face
b.      melalui media social seperti facebook dan Instagram dan whatshapp
c.       mount to mount atau dari mulut kemulut
d.      menggunakan situs jual beli online

H. Penutup
Harapan kami sebagai pelaku usaha mendapatkan bahan baku yang terbaik dan
mampu menghasilkan makanan yang layak,lezat dan ekonomis sehingga usaha Donat ini
bisa berkembang dikenal masyarakat Jawa Tengah umumnya, Masyarakat Wonogiri khususnya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUAL DONAT MAIZENA EMPUK DAN LEZAT

===================================== A. MENU DAN DAFTAR HARGA   1. DONAT ORIGINAL   2. DONAT ALL VARIAN RASA   ...